Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Minat Masyarakat Bersekolah di SMAM Wanaraja

Authors

  • Ahmad Darda STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Budiman Abdulah STIE Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v8i1.13

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisi pengaruh Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Promosi (X3) terhadap Minat Masyarakat (X4), pada masyarakat untuk bersekolah di SMAM Wanaraja. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel minat masyarakat, harga, kualitas pelayanan dan promosi menggunakan angket penyebaran kuesioner model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan statistik deskripsi dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan uji korelasi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan harga terhadap kualitas pelayanan 0.238. Kedua, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan haraga terhadap promosi 0.375. Ketiga, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan harga terhadap minat masyarakat sebesar 0.303. Keempat, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap promosi sebesar 0.191. Kelima, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat sebesar 0.142. Keenam, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan promosi terhadap minat masyarakat sebesar 0.620.

References

Adiwarman Azwar Karim. 2006. Sejarah Pemikiran Ehonomt Islam. Jakarta: Rajawali Press Edisi Ketiga.

Bernard H. W. 1970. Mentai Health in The Classroom. New York : Mc Graw-Hill.

Indriyo, Gitosudarmo. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi2. Yogyakarta: BPFP-Yogyakarta.

Kasim, Anwar. 2000. Bimbingan Konseling. Universitas Terbuka.

Mahmud, Machfoedz. 2010. Komunikasi Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Cakra Ilmu. Bumi Aksara.

Mohammad Hidayat, 2010. An Introduction To The Sharia Economic. Jakarta: Zikrul Hakim.

Nadia Hanum Amiruddin 2013. Price, Service Quality and Customer Loyalty: A Case of Air Asia. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economic and Law, Vol. 2 Issue 1 (June) ISSN 2289-1560.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2012. Marketing Manajemen Edisi 14 England: Pearson Education Linmited.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 JILID1 (alih bahasa: Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12, jilid 1.

Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Ronald. J Ebert dan Ricky W Griffin. 2007. Bisnis Edisi Kedelapan Jilid I (Terje- mahan Sita Wardhani). Jakarta: Erlanga.

Setiawan, Yasin, 2008. Pengembangan Minat Menulis Anak’, http://www.geocities

Sopjan, Assauri. 2010, Manajemen Pemasar- an, Jakarta: Raja Grafindo.

Sujanto, Sandjaja. 2008. Pengaruh Keterlibat- an Orang Tua Terhadap Minat Mem- baca anak ditinjau dari Pendekatan Stress Lingkungan. http://wordprees.com.2008/04/19mǐnat

Walter V, Bingham. 1949. Apttitudes and Apttitude Testing. New York: Harper

Downloads

Published

2020-01-16

How to Cite

Darda, A., & Abdulah, B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Minat Masyarakat Bersekolah di SMAM Wanaraja. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 8(1), 01–16. https://doi.org/10.37932/j.e.v8i1.13