PENGARUH GREEN MARKETING, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP BRAND IMAGE DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.30Keywords:
Green Marketing, Corporate Social, Brand Image dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Manggarai, Jakarta Selatan. Sampel yang diperoleh sebanyak 111 responden dan diambil secara purposive sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan tertentu, pemilihan sampel berdasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang sesuai dengan kriteria berdasarkan tujuan penelitian atau yang benar-benar dituju. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Marketing berpengaruh positif signifikan baik terhadap Brand Image maupun Keputusan Pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung. Brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara, Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image, maupun Keputusan Pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin meningkat green marketing yang dilakukan oleh perusahaan maka akan meningkatkan citra baik perusahaan tersebut sehingga akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Untuk itu Indomaret harus melakukan peningkatan promosi melalui green marketing agar brand image nya semakin meningkat dan dapat meningkatkan konsumennya secara langsungReferences
Almuarief, (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Brand Image. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ariyanto Pala, (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimensi Minat Beli. Universitas Negeri Yogyakarta.
Achmad,fauzi (2018), corporate social responsibility terhadap citra merek dan dampaknya pada keputusan pembelian . jurnal administrasi bisnis vol 57 no 2 april 2018.
Azheri, Busyra, 2012, Corporate Social Responsibility, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Schiffman, Leon, Kanuk, Leslie Lazar and Wisenblit, Joseph. (2011). Consumer Behavior, 10 Edition, Prentice Hall, Singapore.
Alfan, Muhammad. 2013. Pengantar Filsafat Nilai. Bandung: CV Pustaka Setia
Andi Syafrani, 2008.” Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kesejahteraan Buruh”, Jakarta selatan: Legalitas.org
Abdul Rahman, S. 2008. Hiperbilirubinemia, in Kosim M. Sholeh et al. Buku Ajar Neonatologi. Edisi I. Jakarta: Badan Penerbit IDAL. pp 147
Balawera, asrianto (2013) “Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di freshmart kota manado”. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174. Brawijaya.Malang. http://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/download/950/716. Diakses tanggal 10 Februari 2018. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/28336. Diakses tanggal 10 Februari 2018.
Dahlstrom, Robert. 2011. Green Marketing Management. South-Western: Cengage Learning
Ikhsan, Putra Muhammad., Suharyono dan Abdillah, Yusri. 2014. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),Vol. 12, No. 1, halaman: 1-10
Ferina Sukmawati. 2008. Pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja fisik dan kompensasi terhadap kinerja karyawan di PT. Pertamina (Persero) UPMS III terminal Transit utama Balongan Indramayu. Vol. 2, No. 3, November 2008 PP. 175-194.
Rambing, P.R., Tumbel, A.L., dan Tawas, H.N. 2015. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan, Aqua Di Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.2 Juni 2015 hal.235-245. ISSN: 2303-1174. Universitas Sam Ratulangi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/8480/8058. Diakses tanggal 10 Februari 2018.
Supriyadi, Fristin, Indra, (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelia., Universitas Merdeka Malang.
Sugi, E., dan Khuzaini. 2017. Analisis Pengaruh Green Marketing, Corporate Social Responsibility, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 6, No. 7, Juli 2017. ISSN: 2461-0593. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. http://repository.stiesia.ac.id/1948/. Diakses tanggal 10 Februari 2018.
Septifani, R., Achmadi, F., dan Santoso, I. 2014. Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi Vol. 13 No.2. Universitas Sutopoyudo. (2009). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR)terhadap Profitabilitas Perusahaan. [Online].
Tian, Zhilong., Rui Wang and Wen Yang. 2011. Consumer Responses to Corporate Social Responsibility (CSR) in China. Journal of Business Ethics. 101: 197-212
Wati, LN (2018). Metode Penelitian Terapan, Aplikasi SPSS, Eviews, SmartPLS dan AMOS. Percetakan Pustaka AMRI: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Majemen is licenced under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.