ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT UMKM DI KECAMATAN CILEUNGSI

Authors

  • Awang Surya Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.354

Keywords:

UMKM, hambatan usaha, Cileungsi

Abstract

Data-data resmi membuktikan begitu besarnya peran UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa bisnis UMKM tidak selalu berjalan mulus, masih banyak hambatan dan kendala, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Tidak sedikit UMKM yang tidak bisa berkembang dengan baik dan akhirnya gulung tikar. Geliat ekonomi di wilayah Kecamatan Cileungsi tampak meningkat terlihat UMKM tumbuh seiring dengan bertambahnya jumlah warga. Semua pihak perlu mendukung tumbuh kembangnya UMKM di wilayah Kecamatan Cileungsi agar bisa memberi dampak yang baik bagi masyarakat. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendapat gambaran profil UMKM di wilayah Kecamatan Cileungsi dan hambatan yang dihadapi di dalam mengembangkan usaha. Metode yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan survey menggunakan instrumen angket. Hasil yang didapat dari penelitian ini dengan sampel sebanyak 63 responden, diketahui bahwa komposisi UMKM di Kecamatan Cileungsi adalah mayoritas adalah usaha mikro. Berdasarkan jenis usahanya diketahui bahwa jenis usaha yang usaha paling diminati adalah kuliner. Bidang-bidang lain jumlahnya hampir seimbang yaitu konveksi, kerajinan tangan dan perdagangan. Hambatan terbesar yang dihadapi UMKM Kecamatan Cileungsi adalah bidang pemasaran dan keuangan.

References

Adawiyah, W. R. (2014). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik).

Bank Indonesia dan LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bank Indonesia Dan LPPI.

Besra, E. (2012). Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis.

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN UMKM DI SURAKARTA. Jurnal Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh modal , tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga Effect of capital , education levels , and technology on msme income in purbalingga regency. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen.

Jamkrindo. (2015). KRITERIA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MENURUT UU NO. 20 TAHUN 2008 TENTANG UMKM. BUMN.Go.Id.

Kemenperin. (2016). Kontribusi UMKM Naik. In Kompas Paper.

Lahamid, Q. (2018). Hambatan dan Upaya UMKM Kreatif Menjalankan Usaha Berbasis Syariah di Kota Pekanbaru. Sosial Budaya. https://doi.org/10.24014/sb.v15i1.4992

Lenora, B. (2008). Evaluasi program pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) “garda emas.” Evaluasi Program Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) “Garda Emas.”

Moh. Nazir. (2014). Metode Penelitian. Metode Penelitian. https://doi.org/978-979-450-173-5

Niode, I. Y. (2009). Sektor umkm di Indonesia: profil, masalah dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS.

Pamungkas, D. P. (2016). Sistem Informasi Kuliner di Indonesia ( Studi Kasus : Kulina . id ). Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO).

Perdagangan, K. (2013). Analisis Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Pengembangan UMKM. Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri.

Prapti NSS, R. L., & Rahoyo, R. (2019). DAMPAK BISNIS KULINER MELALUI GO FOOD BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA SEMARANG. Jurnal Dinamika Sosial Budaya. https://doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1243

Rahmadi, R., Soolany, C., & Pratama, A. R. (2018). Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap. Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau.

Sabirin. (2016). Menilik Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Kesiapan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Kewirausahaan Dan Usaha Kecil Menengah.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan). https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Suci, Y. R., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi.

Sukri, S., & Arisandi, D. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Jurnal Buana Informatika. https://doi.org/10.24002/jbi.v8i4.1447

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Surya, A. (2023). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT UMKM DI KECAMATAN CILEUNGSI. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 11(2), 342–350. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.354