PEMBELIAN IMPULSIF SELAMA PANDEMI COVID-19: MODEL MEDIASI

Authors

  • Hanny Lubaba Universitas Brawijaya Malang
  • Masyhuri Masyhuri Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.376

Keywords:

Visual merchandising, emosi positif, pembelian impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh visual merchandising terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif pada Toko Miniso Malang. Sampel penelitian ini adalah 100 pelanggan dari Toko Miniso Malang. Kuesioner digunakan untuk memperoleh jawaban responden tentang variabel cyang diteliti dengan menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural menggunakan partial least square (PLS 3.0), yang kemudian digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa visual mmerchandising tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, visual merchandising berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, dan emosi positif memediasi visual merchandising terhadap pembelian impulsif. Adanya emosi positif akan turut meningkatkan pembelian impulsif, sehingga elemen emosi positif harus ditampilkan di dalam toko. Munculnya emosi positif dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan kondisi internal gerai seperti faktor kenyamanan, keindahan dan tata letak yang menarik.

References

Andani, K., & Wahyono, W. (2018). Influence of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation and Fashion Involvement Toward Impulse Buying through a Positive Emotion. Management Analysis Journal, 7(4), 448–457.

Anggriawan, B., Suardana, I. W., & Sendra, I. M. (2016). Analisis faktor yang mempengaruhi impulse buying wisatawan domestik terhadap produk pariwisata di Biro Perjalanan Wisata Bali. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 4(1), 101–106.

BBM, R. J. S. (2013). Visual Merchandising Attraction. Gramedia Pustaka Utama.

Bismo, A., Putra, S., Sarjono, H., & Nasrul, L. (2020). Effect of Functional Convenience and Representational Delight on Positive Emotional Effect and Impulse Buying of Discount Group Site Users in Indonesia. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 28(2).

Dey, D. K., & Srivastava, A. (2017). Impulse buying intentions of youngconsumers from a hedonic shopping perspective.Journal of IndianBusiness Research,9(4), 266–282.

Devi, D. A. C., & Nurcaya, I. N. (2020). Peran Positive Emotion Memediasi Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Di Beachwalk Kuta Bali. E-Jurnal Manajemen, 9(3), 884–903.

Deviana. D, Ni P S., Giantari, I G A K. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat di Kota Denpasar. E-Journal Manajemen Unud, 5(8). hal. 5264-5273.

Diah Anggraini, I., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Visual Merchandising Dan Sore Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen MINISO Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).

Fatma, R. P., Rahmawati, R., & Tricahyadinata, I. (2020). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Positive Emotion dan Impulse Buying Pada Konsumen Zoya Lembuswana Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 4(4).

Fazri, A. F., Arifin, R., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Visual Merchandising, Potongan Harga, Kualitas Layanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi Pada Pembeli Toko Paradise (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Sisir). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(08).

Firdayanti, N., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Pengaruh Visual Merchandising Dan Product Assortment Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Rabbani Kota Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 391–404.

Husnain, M., & Waheed Akhtar, M. (2016). Impact of branding on impulsebuying behavior: Evidence from FMCG's sector Pakistan. International Journal of Business Administration,7(1), 59–68.

Kandampully, J., Zhang, T. C., & Jaakkola, E. (2018). Customer experience management in hospitality: A literature synthesis, new understanding and research agenda. International Journal of Contemporary Hospitality Management.

Kertiana, I. K. D., & Artini, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh Visual Merchandising, Atmosfer Toko, Dan Display Produk Terhadap Impulse Buying Pelanggan Ramayana Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6533–6557.

Kinasih, I. A. D., & Jatra, I. M. (2018). Peran Emosi Positif Memediasi Pengaruh Fashion Involvement Dan Hedonic Consumption Tendency Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen, 7(6), 3258–3290.

Liao, C., To, P.-L., Wong, Y.-C., Palvia, P., & Kakhki, M. D. (2016). The impact of presentation mode and product type on online impulse buying decisions. Journal of Electronic Commerce Research, 17(2), 153.

Lim, B., Ling, P., & Yazdanifard, R. (2015). What internal and external fac-tors influence impulsive what internal and external factors influence.Global Journal of Management and Business Research: E Marketing,15(5), 2–9.

Mutiah, I., Parawansa, D., & Munir, A. R. (2018). Pengaruh Visual Merchandising, Display Product, Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus: Konsumen Matahari Department Store Di Kota Makassar). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(2), 88–103.

Nurudin, N. (2020). Analysis of the Effect of Visual Merchandising, Store Atmosphere and Sales Promotion on Impulse Buying Behavior. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 167–177.

Pancaningrum, E. (2017). Visual Merchandise Dan Atmosfer Toko: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Impuls. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 17(1).

Pramestya, N. L. P. U. M., & Widagda, I. J. A. (2020). The Role of Positive Emotion Mediates Fashion Involvement on Impulse Buying. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(9), 1–8.

Sari, D. A. T., & Suryani, A. (2014). Pengaruh Merchandising, Promosi dan Atmosfir Toko Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(4).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Soodan, V., & Pandey, A. C. (2016). Influence of emotions on consumer buying behavior. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 4(2), 163–181.

Shirmohammadi, M., Ghane, N., & Ebrahimi, M. R. (2015). Investigating and prioritizing the effective factors on internet impulse buying behavior of customers (case study: Discount group sites). Business and Management, 7(3), 275–290.

Sudarsono, J. G. (2017). Pengaruh visual merchandising terhadap impulse buying melalui positive emotion pada zara surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 16–25.

Utami, C.W. (2014). Manajemen ritel : Strategi dan implementasi operasional bisnis ritel modern di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Lubaba, H., & Masyhuri, M. (2023). PEMBELIAN IMPULSIF SELAMA PANDEMI COVID-19: MODEL MEDIASI. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 11(2), 214–223. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.376