INOVASI PRODUK, HARGA, WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA

Authors

  • Supriyadi Muhammad Noor Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Christiawan Hendratmoko Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.608

Keywords:

Inovasi Produk, Harga, Word of Mouth, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini mengkaji hasil pemesanan Honda Beat Solo Raya dipengaruhi bagi inovasi produk, harga, word of mouth dan promosi. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kuantitatif. konsumen Honda Beat di wilayah Solo Raya (Surakarta, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri) menjadi subjek penelitian ini, kriteria pemakaian minimal satu tahun, jumlah responden berisi penelitian ini 100, digunakan kuesioner yang 20 pernyataan dijawab memakai skala likert. Data dioleh menggunakan aplikasi SPSS dan menggunakan regresi linier untuk menganalisis faktor pengali. Hasil dari riset ini yaitu variabel inovasi produk dan promosi tidak berpengaruh signifikan kepada hasil pemesanan Honda Beat, sedangkan variabel harga dan word of mouth berpengaruh signifikan kepada hasil pemesanan honda beat.This study examines the results of ordering Honda Beat Solo Raya influenced for product innovation, price, word of mouth and promotion. The research method used is a quantitative method. Honda Beat consumers in the Solo Raya area (Surakarta, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri) became the subject of this study, the minimum usage criteria was one year, the number of respondents in this study was 100, a questionnaire was used which 20 statements were answered using a Likert scale. The data was collected using the SPSS application and used linear regression to analyze the multiplier. The results of this research are that product innovation and promotion variables have no significant effect on the results of ordering Honda Beats, while price and word of mouth variables have a significant effect on the results of ordering Honda Beats.

References

AISI. (2020). ASOSIASI INDUSTRI SEPEDA MOTOR INDONESIA. https://www.aisi.or.id/statistic/

Ajimat. (2020). Analisis Perbandingan Word Of Mouth Marketing dan Social Media Marketing dalam Menarik Minat Mahasiswa dalam Memilih Universitas (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Pamulang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 23. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4435

Alfiah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus di Kecamatan Batu). Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 52(1), 1–5.

Arifa, N., Hartono, & Robustin, T. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga serta Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswi STIE Widya Gama Lumajang). Jurnal Riset Manajemen, 1(1), 54–63.

Athallariq, F., & Suhermin, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Ilmu Dan Riset

BPS. (2019). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2018-2020. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html

Budi, I. S., Octavia, A., & Sari, N. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(2), 59–72.

Christian, K., Handoyo, S., Kelvin, Hondo, P., & Fitriano, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rem Cakram dan Rem Tromol Motor Honda Matic Pada PT. MEGA ANUGERAH MANDIRI MEDAN. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(1), 44–53.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 edisi lima. Universitas Diponogoro.

Hermawan, A. F., Supeni, R. E., & Rozi, A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Dealer MPM Motor Kalisat - Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 161–169. https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4255

Iwan, I., & Nainggolan, K. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Awareness Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Mie Suksess (Studi Empiris Pada Penduduk Kecamatan Pinang-Kota Tangerang). Jurnal Cakrawala, XVII(2), 146–155. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2476/1758

Jackson R.S. Weenas. (2018). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/2303-1174

Khoiriyah, R., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat (Studi Kasus Pada Masyarakat Wadungasri Sidoarjo). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(3), 3–17.

Mandagie, Yunita, V. M., Sam, U., & Manado, R. (2018). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2008–2017.

Pawitri, N. E., & Sholeha, M. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA MOBILIO (Survei Pada Pengguna Honda Mobilio di Karawang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 34–40. https://doi.org/10.35906/jm001.v5i2.406

Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di CV. Sinar Abadi Pekanbaru. Procuration: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 174–184.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Utama, D. C., Arista, R., Fitriyanto, & Raharjo, A. (2021). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA BEKASI. Jurnal Mitra Manajemen, 5(11), 1558–1572. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Noor, S. M., & Hendratmoko, C. (2022). INOVASI PRODUK, HARGA, WORD OF MOUTH DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 12(2), 291–301. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.608