ANALISIS TERHADAP SOLUSI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA PERBANKAN

Authors

  • Lis Sintha Oppusungu Universitas Kristen Indonesia
  • Fery Tobing
  • Edison Siregar
  • Riwandari Juniasti

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v13i1.646

Keywords:

kredit usaha rakyat, kredit macet, bank, modal

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah yang telah dilakukan bank untuk melakukan restrukturisasi dalam rangka menjaga stabilitas kredit macet (NPL)  dan memungkinkan masyarakat untuk kembali ke pembayaran pinjaman normal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data  dari buku, majalah dan situs informasi lainnya, serta menyusun dan menganalisisnya. Dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, kredit macet tidak hanya berdampak buruk pada debitur, tetapi juga berdampak pada kreditur dan pemberi pinjaman, bahkan dapat mempengaruhi perekonomian suatu negara. Faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet atau macet adalah kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, kemauan dan kredit pelanggan, dan keadaan darurat pemerintah. Untuk mengatasi kredit macet tersebut perlu dilakukan penyesuaian posisi keuangan perusahaan dengan melakukan restrukturisasi (penjadwalan ulang) hutang, restrukturisasi dan penyesuaian kembali  pinjaman nasabah agar kredit macet dapat diatasi. Pembayaran dengan menutup pinjaman dan atau  membayar kredit tepat waktu. 

Author Biography

Lis Sintha Oppusungu, Universitas Kristen Indonesia

Vocational FacultyFinancial Analysis Department

References

REFERENSI

Armana, Made Revi. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kredit Macet pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Buleleng. Singaraja: Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.

Febrianti, Sitti Rahmah. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Bermasalah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sengkang. Makassar: Program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Hariyanto, Agus. (2012). Pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia Dan Inflasi Terhadap Kredit Pada Bank Umum Di Indonesia. Jurnal Ekonomi.

Harmono. (2014). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga. Bumi Aksara: Jakarta.

Hasyim, Diana. (201). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Pada Bank Umum Periode 2008-2012. Jurnal Ekonomi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan.

Kasmir. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keuangan, Cetakan Pertama. Pustaka Setia: Bandung.

Mulyawati, Novita. (2015). Analisis Variabel ± Variabel Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Bank Umum Di Indonesia. Jurnal Ilmiah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Muslim. (2012). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Macet (Kurang Lancar, DIragukan dan Macet) Pada UMKM Industri Mebel Di Kabupaten Jepara”. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Nurlestari, Annisa. (2015), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Umkm (Studi Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Oktaviani. (2012). Pengaruh DPK, ROA, CAR, NPL, dan Jumlah SBI Terhadap Penyaluran Kredit Perbankan (Studi Pada Bank Umum Go Public di Indonesia Periode 2008 ± 2011). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Panggalih, Diny., dan Niken, Citra. (2015). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (Dpk), Non Performing Loan(Npl), Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (Sbi), Dan Suku Bunga Kur Terhadap Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (Kur). Jurnal Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Roring, Gaby D.J. (2013). Analisis Determinan Penyaluran Kredit Oleh Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ekonomi Pembangunan. 1(3).

Runtolalo, Annethe. (2015). Analisis Faktor ± Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Investasi Pada Bank Umum Di Sulawesi Utara Periode (2009.1-2013.4). Jurnal Berkala Efisiensi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan Universitas Sam Ratulangi. 15(1).

Sania, Zulcha Mintachus. (2016). Pengaruh Dpk, Npl, Dan Car Terhadap Jumlah Penyaluran Kredit Perbankan Persero. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 5(1).

Sari, Greydi Normala. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Bank Umum Di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sari, Ni Made Junita. (2016). Pengaruh Dpk, Roa, Inflasi Dan Suku Bunga Sbi Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Umum. E-Jurnal Manajemen Unud. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia. 5(11). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 11, 2017: 5941-5969 5969

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke 17. Bandung : CV. Alfabeta. Trimulyanti, Iseh. 2014. Analisis Faktor-Faktor Internal Terhadap Pertumbuhan Penyaluran Kredit (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat Kota Semarang Periode 2009-2012). Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Akuntansi Universitas Dian Nuswantoro.

Wulandari, Fitria. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Pada Bank Umum Yang Telah Go Public Periode Tahun 2011-2013. Jurnal Akuntansi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Yoga, Gede Agus Dian Maha. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Bpr Di Provinsi Bali.Jurnal Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Laporam Keuangan Tahunan Bank Umum Swasta Nasional Devisa www.idx.co.id

Yuwono, Febry Amithya. (2012). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Loan To Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Return On Assets, Dan Sertifikat Bank Indonesia Terhadap Jumlah Penyaluran Kredit. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. 1(1) : 1-14.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Oppusungu, L. S., Tobing, F., Siregar, E., & Juniasti, R. (2023). ANALISIS TERHADAP SOLUSI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DAMPAK PANDEMI COVID 19 PADA PERBANKAN. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 13(1), 15–24. https://doi.org/10.37932/j.e.v13i1.646