STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA USAHA TERNAK LELE AS-SALAAM

Authors

  • Awang Surya Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Wilarso Wilarso Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Verry Surya Hendrawan Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi
  • Mustopa Idris Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

DOI:

https://doi.org/10.37932/je.v13i2.812

Keywords:

Pengembangan usaha, ternak lele, swot

Abstract

Meskipun secara teknis mudah dilaksanakan, juga tidak dibutuhkan keahlian yang sangat tinggi tapi kenyataan banyak usaha ternak lele jalan di tempat. Usaha ternak lele As-Salaam yang sudah berdiri sejak tahun 2012 juga demikian. Secara umum tidak ada perkembangan yang signifikan sejak berdiri sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan beberapa faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi usaha ternak lele As-Salaam. Selanjutnya diharapkan dapat merumuskan strategi bagi pengembangan usaha pada peternakan lele As-Salaam. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian adalah posisi peternakan lele As-Salaam berada di kuadran I diagram kartesius SWOT, maka rekomendasi yang diberikan strategi progresif. Strategi terbaik adalah SO yaitu pemanfaatan kekuatan untuk meraih peluang. Kekuatan terbaik yang dimiliki adalah penggunaan medsos dalam hal ini Youtube untuk pemasaran. Peluang yang terbesar adalah munculnya produsen makanan olahan daging lele

References

Ahmad. (2020). Manajemen Strategis (1st ed.). Nas Media Pustaka.

Alviani, P. (2017). Cara Sukses Budidaya Ikan Lele (T. Sutanto (ed.); 1st ed.). Bio Genesis.

Angg, K. (2018). Sukses Budidaya Lele Kolam Terpal (1st ed.). Ilmu Media Publishing.

anitah w, S. (2013). Strategi Pembelajaran ekonomi dan koperasi. Gadis.

Apriyanti, R. N., & Rahimah, D. S. (2016). Akuponik Praktis (1st ed.). Trubus Swadaya.

Farisni, T. N., Uswatun Hasanah, & Arphi, N. (2019). Budidaya Lele System Bioflok, Demplot, PKW. Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Febrina, I., Nurlitasari, L., & Wati, L. N. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAPKEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND IMAGE. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2). https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.402

Handayani, M., Cahya Vikasari, & Oto Prasadi. (2020). Akuaponik sebagai Sistem Pemanfaatan Limbah Budidaya Ikan Lele di Desa Kalijaran. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Manufaktur, 2(1). https://doi.org/10.48182/jtrm.v2i1.21

Ismail. (2020). Manajemen Stretegik Sektor Publik (1st ed.). Qiara Media.

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Khairuman, H., & Amri, K. (2012). Pembesaran Lele di Berbagai Jenis Kolam (Tinton (ed.); 1st ed.). AgroMedia Pustaka.

Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2017). Strategi peningkatan omset ukm percetakan dengan pendekatan analisis SWOT. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (Sesindo).

Kurniawan, T., & Triyanti, R. (2011). Profil Usaha Budidaya Ikan Lele di Kabupaten Bogor. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. https://doi.org/10.15578/marina.v6i2.5812

M Ali Pahmi, Ahmad Maulana, Mansyur Sidik, & Rizki Maulana. (2020). PERSEPSI GAP KUALITAS DAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA INDUSTRI BERBASIS KEDELAI DI UMKM TAHU CILEUNGSI. TEKNOSAINS : Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 7(2). https://doi.org/10.37373/tekno.v7i2.12

Marlina, E., Aghitsnillah, N. Q., Aruhi, N., Rosyid, N. M., Maharani, L. E., Mudakir, F., Sri Wilujeng, E. W., Ekariani, A., Ocvando, K., Hidayat, F., Pawestri, N. A., & Al Farrosi, F. U. (2020). Budidaya Lele Sebagai Bentuk Penujang Swasembada Pangan Bagi Masyarakat Desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6468

Moh. Nazir. (2014). Metode Penelitian. Metode Penelitian. https://doi.org/978-979-450-173-5

Nur’aini, F. (2020). Teknik Analisis Swot. In Anak Hebat Indonesia (p. 194).

Oei, I. (2005). Riset Sumber Daya Manusia (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Pelipa, E. D. (2016). Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Prambudi, B. (2020). PERAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN JEPARA, TAHUN 2012-2016. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.37932/j.e.v8i2.42

Pramudita, N. I., & Yuliansyah, H. (2018). MOSELE : APLIKASI MOBILE LEARNING BUDIDAYA LELE SISTEM TERPAL BERBASIS ANDROID. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan). https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.178

Rangkuty, & Fredy. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia.

Romadhon, I. K., Nur, I., Ms, K., Yulianingsih, R., & Mt, S. T. P. (2013). Desain Optimal Pengolahan Sludge Padat Biogas Sebagai Bahan Baku Pelet Pakan Ikan Lele. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis.

Srinadi, N. L. P. (2016). Analisis SWOT Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016).

Surya, A., Tinggi, S., & Muhammadiyah, T. (2021). Analisis faktor penghambat umkm di kecamatan cileungsi. 11, 342–350.

Wathon, S.-. (2018). Peningkatan Performa Budidaya Lele Dumbo (Clarias garipenus, Burch) Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Warta Pengabdian, 12(2). https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i2.8118

Wilarso, Domodite, A., Saputri, I. N., & Pahmi, M Ali, H. S. L. (2021). Assistance in the Production of Cracker Snacks in the Cileungsi Area. 18(2), 36–47.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Surya, A., Wilarso, W., Hendrawan, V. S., & Idris, M. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA USAHA TERNAK LELE AS-SALAAM. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 13(2), 166–175. https://doi.org/10.37932/je.v13i2.812