ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Sri Wahyuni Asnaini
  • Siti Maesaroh Universitas Insan Pembangunan
  • Fatrilia Rasyi Radita Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Oktavia Marpaung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37932/je.v13i2.823

Abstract

Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) yang menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia  sehingga statusnya ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO, menyebabkan berbagai sektor ekonomi, terutama sektor keuangan terguncang. Apalagi di awal kasus Covid 19, hampir semua sektor perekonomian lumpuh. Hal ini mendorong berbagai negara untuk mengeluarkan berbagai kebijakan pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi untuk mengurangi mobilitas masyarakat, menambah daftar panjang penyebab lemahnya kinerja sektor keuangan. Namun sektor keuangan perbankan syariah tidak terlalu terpengaruh yang dibuktikan dengan kinerja keuangan perbankan syariah yang masih dalam kategori baik. Sehingga perlu diteliti lebih lanjut perbedaan kinerja keuangan Bank Umum syariah sebelum dan selama pandemi Covid 19 di Indonesia.Salah satu indikator ketahanan bank umum syariah adalah rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) , Financing Deposit to Ratio (FDR) , Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Operation Margin (NOM)  menunjukkan ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan bank umum syariah sebelum dan selama pandemi Covid-19. Adapun batasan penelitian ini hanya menleiti dari faktor mikroekonomi seperti Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) , Financing Deposit to Ratio (FDR) , Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Operation Margin (NOM). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diambil adalah 6 Bulan (September 2019-Februari 2020) sebelum dan 6 Bulan (April 2020-September 2020) setelah diumumkannya kasus pertama Covid-19 yaitu pada 2 Maret 2020. Data diolah dengan paired sample t-tes, dengan menggunakan SPSS versi 18. Dari hasil pengolah data, menunjukkan Secara keseluruhan dampak Covid-19 terhadap kinerja keuangan perbankan syariah di Indonesia yang dilihat dari hasil tabel Uji Beda (Uji Paired Sample T-Test) terdiri dari rasio Non Performing Financing (NPF),  Return On Assets (ROA) dan Non Operation Margin (NOM) menunjukan adanya perbedaan  terhadap  kinerja keuangan Bank Umum Syraiah sebelum dan pada saat Pandemi covid-19 sementara dilihat dari  rasio CAR, FDR dan BOPO tidak ada perbedaan  terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah sebelum dan pada saat Pandemi covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan serta kebijakan manajemen, serta dapat memberikan informasi dan masukan bagi para investor dan calon investor dalam memutuskan investasinya. Kata Kunci: Covid-19, Rasio keuangan, Komparatif, BUS

References

REFERENSI

Ardila, D., Andriana, I. & Ghasarma, R. Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5, 1–15 (2022).

Amrina *, N. & Kaban, R. F. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Era 4.0. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business 1, 42 (2021).

Asnaini, S. W. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Performing Financing (Npf) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal TEKUN (2014).

Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Berdasarkan Rasio Keuangan Bank (Studi pada Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah yang Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2013-2016) SKRIPSI Diajukan untuk Menempuh Ujian Skripsi pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Analisis Laporan Keuangan Perbankansyariah_abbas.

Azhari, A. R. & Wahyudi, R. Analisis Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia : Studi Masa Pandemi Covid-19. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 10, 96 (2020).

Diana, S., Sulistya, E., Manajemen STIE Widya Wiwaha, P., Akuntansi STIE Widya Wiwaha, P. & Magister Manajemen STIE Widya Wiwaha, P. Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia 1, (2021).

Dimas-Analisis Pertumbuhan Kinerja Keuangan Perbankansyariah Dan Konvensional Di Era Pandemi Covid 19.

Kalsum, U., Awaluddin, M. & Aisyah, S. Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Bni Syariah Dan Bri Syariah Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19.

Laporan Ekonomi Dan Keuangan Syariah 2020.

Muhammad, R. & Nawawi, M. Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19. 3, 840 (2022).

Masruron, M. & Aulia Adinda Safitri, N. Analisis Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. vol. I (2021).

Putri, A. Z. K. & Henny, D. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Ekonomi Trisakti 2, 1837–1842 (2022).

Sekolah Tinggi Ekonomi Pasaman, A. & Sekolah Tinggi Ekonomi Pasaman Suwarni Sekolah Tinggi Ekonomi Pasaman, Y. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Dengan Bank Mandiri Konvensional. Peringkat Akreditasi Sinta 18, 121 (2019).

Wahyuni Asnaini, S., Rasyi Radita, F., Maesaroh, S. & Author, C. Risk Based Bank Rating Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. 16, (2022).

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Asnaini, S. W., Maesaroh, S. ., Radita, F. R. ., & Marpaung, O. . (2023). ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19 PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 13(2), 215–230. https://doi.org/10.37932/je.v13i2.823