EFEKTIVITAS INSTRAGRAM MEDIA DINAS PARIWISATA BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KE PANTAI GOA CEMARA

Authors

  • Emmita Devi Hari Putri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Atun Yulianto
  • Wisnu Hadi

DOI:

https://doi.org/10.37932/je.v14i2.871

Keywords:

Instagram, Kunjungan Wisatawan, Media sosial, Pantai Goa Cemara

Abstract

Kabupaten Bantul yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, memiliki beragam potensi wisata termasuk wisata alam dan taman, gumuk pasir, pantai, bukit dan puncak, air terjun, museum, dan wisata budaya. Di antara destinasi wisata pantai yang populer di Bantul adalah Pantai Parangtritis, Depok, Parangkusumo, Goa Cemara, Cemara Sewu, Samas, Pandansimo, Kuwaru, dan Pantai Baru. Salah satu strategi penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah melalui upaya promosi menggunakan media sosial. Kampanye media sosial merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial. Pelaksanaan kampanye media sosial melibatkan pembuatan konten menarik, penggunaan hashtag relevan, dan kerja sama dengan influencer. Ini adalah salah satu cara efektif untuk menarik perhatian dan minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata di Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media sosial Instagram Dinas Pariwisata Bantul (X1) dan media sosial lainnya (X2) terhadap minat wisatawan (Y) di Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Responden penelitian diambil dari populasi pengunjung pantai Goa Cemara dengan sistem kuota sampling sebanyak 70 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Dinas Pariwisata Bantul berperan penting dalam meningkatkan minat wisatawan terhadap Pantai Goa Cemara. Media sosial khususnya Instagram menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan Pantai Goa Cemara kepada wisatawan

References

Dewi, N. P. A. L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise: The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(2), 276–285.

Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Jurnal Komunikatio, 4(1), 27–40. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1210

Hidayah, N., Sopian, T., Aziz M. Nauval, Feby Nur Ikrawardani, Flavia Domitilla Fausta, Inggit Salsabila Putri, M. Hafidz Annazly, & Salma Nabila M. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.408

Jannah, R., Rohman, N., Kiswantoro, A., Hayatri, M. A. S., & Ashartono, R. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 361–369. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60942

Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. (2018). Mengatur kampanye di media sosial. Dipetik Desember 6, 2023, dari https://www.kominfo.go.id

Muhammad, R. B., & Melatie, Z. A. V. (2022). Pengaruh Instagram Dinas Pariwisata Terhadap Minat Wisatawan Kota Surakarta. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.223

Nurkhin, A., Martono, S., Muhsin, Fachrurrozie, & Feriady, M. (2021). Efektivitas Promosi Desa Wisata Kandri melalui Sosial Media Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145.

Pradiatiningtyas, D. (2016). Peran Instagram Dalam Menarik Minat Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 2, 10. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/705/67

Rahayu, W. D. (2023). 15 Pantai di Bantul terbaik yang Hits & Instagramable buat Liburan. Dipetik Desember 5, 2023, dari https://tempatwisataseru.com

Rizki, A. M., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 49(2), 157–164.

Savitri, E., & Musfialdy. (2016). The Effect of Taxpayer Awareness, Tax Socialization, Tax Penalties, Compliance Cost at Taxpayer Compliance with Service Quality as Mediating Variable. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 682–687. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.051

Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 12. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185

Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848

Sultan, M. T., Sharmin, F., Badulescu, A., Stiubea, E., & Xue, K. (2020, Desember 23). Travelers’ Responsible Environmental Behavior towards Sustainable Coastal Tourism: An Empirical Investigation on Social Media User-Generated Content. Sustainability, 13(1), 56

Wibowo, A., Chen, S.-C., Wiangin, U., Ma, Y., & Ruangkanjanases, A. (2021, Desember). Customer Behavior as an Outcome of Social Media Marketing: The Role of Social Media Marketing Activity and Customer Experience. Sustainability Journals, 13(1), 189.

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Putri, E. D. H., Yulianto, A., & Hadi, W. (2024). EFEKTIVITAS INSTRAGRAM MEDIA DINAS PARIWISATA BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KE PANTAI GOA CEMARA . Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 14(2). https://doi.org/10.37932/je.v14i2.871