EFEKTIVITAS INSTRAGRAM MEDIA DINAS PARIWISATA BANTUL DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KE PANTAI GOA CEMARA
DOI:
https://doi.org/10.37932/je.v14i2.871Keywords:
Instagram, Kunjungan Wisatawan, Media sosial, Pantai Goa CemaraAbstract
Kabupaten Bantul yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, memiliki beragam potensi wisata termasuk wisata alam dan taman, gumuk pasir, pantai, bukit dan puncak, air terjun, museum, dan wisata budaya. Di antara destinasi wisata pantai yang populer di Bantul adalah Pantai Parangtritis, Depok, Parangkusumo, Goa Cemara, Cemara Sewu, Samas, Pandansimo, Kuwaru, dan Pantai Baru. Salah satu strategi penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah melalui upaya promosi menggunakan media sosial. Kampanye media sosial merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial. Pelaksanaan kampanye media sosial melibatkan pembuatan konten menarik, penggunaan hashtag relevan, dan kerja sama dengan influencer. Ini adalah salah satu cara efektif untuk menarik perhatian dan minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata di Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media sosial Instagram Dinas Pariwisata Bantul (X1) dan media sosial lainnya (X2) terhadap minat wisatawan (Y) di Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Responden penelitian diambil dari populasi pengunjung pantai Goa Cemara dengan sistem kuota sampling sebanyak 70 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Dinas Pariwisata Bantul berperan penting dalam meningkatkan minat wisatawan terhadap Pantai Goa Cemara. Media sosial khususnya Instagram menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan Pantai Goa Cemara kepada wisatawanReferences
Dewi, N. P. A. L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise: The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(2), 276–285.
Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Jurnal Komunikatio, 4(1), 27–40. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1210
Hidayah, N., Sopian, T., Aziz M. Nauval, Feby Nur Ikrawardani, Flavia Domitilla Fausta, Inggit Salsabila Putri, M. Hafidz Annazly, & Salma Nabila M. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.408
Jannah, R., Rohman, N., Kiswantoro, A., Hayatri, M. A. S., & Ashartono, R. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 361–369. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60942
Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. (2018). Mengatur kampanye di media sosial. Dipetik Desember 6, 2023, dari https://www.kominfo.go.id
Muhammad, R. B., & Melatie, Z. A. V. (2022). Pengaruh Instagram Dinas Pariwisata Terhadap Minat Wisatawan Kota Surakarta. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.223
Nurkhin, A., Martono, S., Muhsin, Fachrurrozie, & Feriady, M. (2021). Efektivitas Promosi Desa Wisata Kandri melalui Sosial Media Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145.
Pradiatiningtyas, D. (2016). Peran Instagram Dalam Menarik Minat Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 2, 10. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/705/67
Rahayu, W. D. (2023). 15 Pantai di Bantul terbaik yang Hits & Instagramable buat Liburan. Dipetik Desember 5, 2023, dari https://tempatwisataseru.com
Rizki, A. M., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 49(2), 157–164.
Savitri, E., & Musfialdy. (2016). The Effect of Taxpayer Awareness, Tax Socialization, Tax Penalties, Compliance Cost at Taxpayer Compliance with Service Quality as Mediating Variable. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 682–687. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.051
Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 12. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185
Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848
Sultan, M. T., Sharmin, F., Badulescu, A., Stiubea, E., & Xue, K. (2020, Desember 23). Travelers’ Responsible Environmental Behavior towards Sustainable Coastal Tourism: An Empirical Investigation on Social Media User-Generated Content. Sustainability, 13(1), 56
Wibowo, A., Chen, S.-C., Wiangin, U., Ma, Y., & Ruangkanjanases, A. (2021, Desember). Customer Behavior as an Outcome of Social Media Marketing: The Role of Social Media Marketing Activity and Customer Experience. Sustainability Journals, 13(1), 189.
Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emmita Devi Hari Putri, Atun Yulianto, Wisnu Hadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Majemen is licenced under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.