PENGARUH LIFESTYLE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING KONSUMEN SHOPEE GENERASI Z

Authors

  • Veliana Angela Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Eristia Lidia Paramita

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Keywords:

Lifestyle, Kualitas Produk, Impulse Buying, Generasi Z

Abstract

Perilaku konsumen saat ini berubah sesuai dengan gaya hidup era modern saat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi semua menjadi serba praktis. Perubahan gaya hidup manusia saat ini bergeser dari yang berbelanja secara offline menjadi serba online. Sekarang e-commerce mengalami perkembangan secara pesat, terutama pada Shopee. Banyak konsumen berbondong-bondong berbelanja online melalui Shope. Selain praktis juga hemat waktu dan tenaga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan impulse buying pada konsumen Shopee generasi Z. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 220 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: (1) Konsumen remaja generasi Z yang aktif menggunakan aplikasi Shopee; (2) Pernah melakukan transaksi pembelian pada platform e-commerce terutama Shopee; (3) Remaja generasi Z yang rentang usianya 17-25 tahun atau yang lahir pada tahun 1995-2003. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil  adanya pengaruh yang signifikan dengan arah positif dari variabel lifestyle terhadap variabel impulse buying. Serta, terdapat pengaruh yang signifikan dengan arah positif antara kualitas produk  terhadap impulse buying.

Author Biography

Veliana Angela, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Mahasiswa (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)

References

Alinda Mahdiyan. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan in Store Promotion Terhadap Impulse buying (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Java Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 1–11.

Amos, C., Holmes, G. R., & Keneson, W. C. (2014). A meta-analysis of consumer Impulse buying. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(2), 86–97.

Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, FEB Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2010(2), 433–439.

BPS. (2019). Statistik E-Commerce 2019. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA

Hidup, G., Tingkat, D. A. N., Pengaruhnya, P., Keputusan, T., Produk, M., Prudential, A., Kota, D. I., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2014). Gaya Hidup Dan Tingkat Pendapatan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Asuransi Prudential Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1192–1202. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5798

Kurnia, M. R., Djumali, & Istiqomah. (2016). Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport Di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24(1), 33–42.

Listyorini, S. (2012). Analisis Faktor- Faktor Gaya Hidup Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana (Studi pada Pelanggan Perumahan Puri Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Undip, 1(1), 12–24.

Maarif, N. (2020). Shopee Jadi e-Commerce Terpopuler di Indonesia. Detiklnet. Retrieved

Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Online Shopping Yosy Cynthia Miranda Universitas Machung. Kompetensi, 10(1), 63–76. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3424/2533

Moreno, F. M., Lafuente, J. G., Carreón, F. Á., & Moreno, S. M. (2017). The Characterization of the Millennials and Their Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, 9(5), 135. https://doi.org/10.5539/ijms.v9n5p135

Nawaz, N. (2018). What Makes Customers Buy on Impulse: Evidence from Pakistan Nainan. UCP Management Review, 2(1), 50–65.

Putra, M. D. (2017). 61 | Iltizam Journal Of Shariah Economic Research, Vol. 1, No. 1, 2017. 1(1), 61–77.

Purba, lili sari A., & Harahap, K. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ramadhan, A. F., & Simanjuntak, M. (2018). Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 243–254. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.243

Syastra, T. M., & Wangdra, Y. (2018). Analisis Online Impulse Buying dengan menggunakan Framework SOR. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02, 133–140.

Widiyati, S., & Ghozi, S. (2018). Peningkatan Impulse buying Mahasiswa di Semarang terhadap Produk Fashion Lokal melalui Ethnocentrisme, Brand Image dan Country of Origin (COO). Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.6979

Wulan, W. N. N., Suharyati, S., & Rosali, R. (2019). Analisis Pembelian Tidak Terencana pada Toko Online Shopee. Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 54. https://doi.org/10.35590/jeb.v6i1.830

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). PENGARUH LIFESTYLE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING KONSUMEN SHOPEE GENERASI Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132