PENGARUH LIFESTYLE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING KONSUMEN SHOPEE GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132Keywords:
Lifestyle, Kualitas Produk, Impulse Buying, Generasi ZAbstract
Perilaku konsumen saat ini berubah sesuai dengan gaya hidup era modern saat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi semua menjadi serba praktis. Perubahan gaya hidup manusia saat ini bergeser dari yang berbelanja secara offline menjadi serba online. Sekarang e-commerce mengalami perkembangan secara pesat, terutama pada Shopee. Banyak konsumen berbondong-bondong berbelanja online melalui Shope. Selain praktis juga hemat waktu dan tenaga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan impulse buying pada konsumen Shopee generasi Z. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 220 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: (1) Konsumen remaja generasi Z yang aktif menggunakan aplikasi Shopee; (2) Pernah melakukan transaksi pembelian pada platform e-commerce terutama Shopee; (3) Remaja generasi Z yang rentang usianya 17-25 tahun atau yang lahir pada tahun 1995-2003. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil adanya pengaruh yang signifikan dengan arah positif dari variabel lifestyle terhadap variabel impulse buying. Serta, terdapat pengaruh yang signifikan dengan arah positif antara kualitas produk terhadap impulse buying.References
Alinda Mahdiyan. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan in Store Promotion Terhadap Impulse buying (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Java Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 1–11.
Amos, C., Holmes, G. R., & Keneson, W. C. (2014). A meta-analysis of consumer Impulse buying. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(2), 86–97.
Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, FEB Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2010(2), 433–439.
BPS. (2019). Statistik E-Commerce 2019. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA
Hidup, G., Tingkat, D. A. N., Pengaruhnya, P., Keputusan, T., Produk, M., Prudential, A., Kota, D. I., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2014). Gaya Hidup Dan Tingkat Pendapatan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Asuransi Prudential Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1192–1202. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5798
Kurnia, M. R., Djumali, & Istiqomah. (2016). Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport Di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24(1), 33–42.
Listyorini, S. (2012). Analisis Faktor- Faktor Gaya Hidup Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana (Studi pada Pelanggan Perumahan Puri Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Undip, 1(1), 12–24.
Maarif, N. (2020). Shopee Jadi e-Commerce Terpopuler di Indonesia. Detiklnet. Retrieved
Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Online Shopping Yosy Cynthia Miranda Universitas Machung. Kompetensi, 10(1), 63–76. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3424/2533
Moreno, F. M., Lafuente, J. G., Carreón, F. Á., & Moreno, S. M. (2017). The Characterization of the Millennials and Their Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, 9(5), 135. https://doi.org/10.5539/ijms.v9n5p135
Nawaz, N. (2018). What Makes Customers Buy on Impulse: Evidence from Pakistan Nainan. UCP Management Review, 2(1), 50–65.
Putra, M. D. (2017). 61 | Iltizam Journal Of Shariah Economic Research, Vol. 1, No. 1, 2017. 1(1), 61–77.
Purba, lili sari A., & Harahap, K. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ramadhan, A. F., & Simanjuntak, M. (2018). Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 243–254. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.243
Syastra, T. M., & Wangdra, Y. (2018). Analisis Online Impulse Buying dengan menggunakan Framework SOR. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 02, 133–140.
Widiyati, S., & Ghozi, S. (2018). Peningkatan Impulse buying Mahasiswa di Semarang terhadap Produk Fashion Lokal melalui Ethnocentrisme, Brand Image dan Country of Origin (COO). Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.6979
Wulan, W. N. N., Suharyati, S., & Rosali, R. (2019). Analisis Pembelian Tidak Terencana pada Toko Online Shopee. Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 54. https://doi.org/10.35590/jeb.v6i1.830
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Majemen is licenced under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.