STUDI MENGENAI PENINGKATAN SIKAP PENGGUNA SHOPEE MELALUI KEPERCAYAAN

Authors

  • Annisa Rizky Nur Fitriana IAIN SALATIGA
  • Yudha Trishananto IAIN SALATIGA

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.309

Keywords:

Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth, Kepercayaan, Sikap Belanja Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sikap Belanja Online di Shopee dipengaruhi oleh Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth melalui Kepercayaan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu pelanggan aplikasi shopee. Sampel yang digunakan adalah pelanggan yang pernah memakai aplikasi shopee ketika berbelanja online dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Langkah pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda melalui bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil yang diperoleh Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth terdapat pengaruh positif serta tidak signifikan terhadap kepercayaan, Islamic Branding, dan perceived benefit terdapat pengaruh positif terhadap sikap belanja online. electronic word of mouth terdapat pengaruh positif serta tidak signifikan terhadap sikap belanja online. Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap sikap belanja online. Adanya kepercayaan tidak mampu menjadi mediasi pengaruh Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth terhadap sikap belanja online.

Author Biographies

Annisa Rizky Nur Fitriana, IAIN SALATIGA

IAIN SALATIGA

Yudha Trishananto, IAIN SALATIGA

IAIN SALATIGA

References

Ali, Y. (2015). Australian Multicultural Consumer Diversity: A Study on Muslim Consumers’ Perception Towards Halal Labelling. 1–7.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Charo, N., Sharma, P., Shaikh, S., Haseeb, A., and Sufya, M. . (2015). Determining the Impact of E-wom on Brand Image and Purchase Intention through Adoption of Online Opinions. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS), 3(1), 2320 – 4044.

Ekawati, R. K. (2017). Peran Mediasi Sikap Atas Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan Instagram. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Komunikasi, 1(1), 1–10.

Engriani, Yunita & Aulia, N. (2019). The Effect of Perceived Benefit, Electronic Word of Mouth and Perceived Web Quality on Online Shopping Attitude in Shopee With Trust as an Intervening Variable. Journal of Business and Management Research, 124(2), 978–987.

Faradilla, R. S. & H. S. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–12.

Gunawan, F. (2011). Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand Switching Atas Produk Smartphone (Blackberry) Pada Mahasiswa UNP. Jurnal Padang.

Indonesia, A. J. P. I. (2018). No.

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dab E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Dan Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1), 14–22.

Jumin, Lee., D. H. P. & I. H. (2016). The Effect of Negative Online Consumer Reviews on Product Attitude: An Information Processing View. Electronic Commerce Research and Applications., 7(5), 341–352.

Kirana, C. D. & J. M. S. (2017). Pengaruh Kualitas Website, EWOM, Perceived Benefits, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Pada Belanja Online di Lazada.

Madjid Iskandarsyah, Jasman J. Maruf, Mahdani Ibrahim, M. H. (2018). Factors Affecting Online Shopping Attitudes and the Role of Trust as Mediating. International Journal of Management and Economics, 04(9), 1929–1935.

Marchelina, Dwi, dan Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan E- MONEY (Studi Kasus Pada Pengguna E-MONEY Kota Palembang). Jurnal Akuntansi STIE Multi Data Palembang.

Mevionita, P. (2017). Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Belanja Pada Online Shop di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(1), 1111–1130.

Nasution, O. B. (2019). Faktor Penentu Sikap Konsumen Untuk Berbelanja Daring Melalui Marketplace. Manajemen, 9(1), 206–214.

Octavini, N. A. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Pengetahuan Produk Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online di Sociolla Pada Mahasiswi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Lampung.

Pekerti, R. I. (2016). Pengaruh Perceived Benefits, Perceived Risks, Hedonic Motivations, Psychological Faktors dan Website Design Terhadap Online Buying Behavior. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 18(2), 147–158.

Putri, Sri Rahmi & Rizki, A. (2018). Pengaruh E-WOM Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shope.id. 3(2), 75–84.

Rakhmawati, A. (2015). Efek Terpaan Iklan CRM (Costumer Relationship Management) di Sosial Media, Branding Mazaya sebagai Make up Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen. Ilmiah Mahasiswa Universitas Diponegoro, 1–13.

Samidi, Sudarmawan., Dety Nurfadilah, et. al. (2016). The Impact of Islamic Branding on Cunsumer’s Attitude Towards Soft Drink Product In Malaysia. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), 2(5).

Samuri, V. I.F., Soegoto, A. S., & Woran, D. (2018). Studi Deskriptif Motivasi Belanja Hedonis pada Konsumen Toko Online Shopee. Jurnal EMBA, 2239–2245.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 23–26.

Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Ekonomi Manajemen, 2(1).

Tai, J., & Chew., &. (2012). Brand Management. Indeks.

Triwidyastika, A. (2012). Studi Tentang Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko Terhadap Sikap Pada Belanja Online Dan Implikasinya Pada Minat Belanja Online Di D’Shetwo Boutique. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(1), 51–75.

Witami, Dewa Ayu Dita, dan Suartana, I. W. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Sistem Blockchain. E-Jurnal Akuntansi, 28(2).

Yunus, N. N., Rashid, W. E., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s: Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154.

Zalni, Z. R. & A. (2019). Pengaruh Reputasi, Electronic Word of Mouth dan Web Quality Terhadap Kepercayaan Pelanggan Shopee di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(02), 97–107.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Nur Fitriana, A. R., & Trishananto, Y. (2023). STUDI MENGENAI PENINGKATAN SIKAP PENGGUNA SHOPEE MELALUI KEPERCAYAAN. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 11(2), 252–265. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.309