STUDI MENGENAI PENINGKATAN SIKAP PENGGUNA SHOPEE MELALUI KEPERCAYAAN
DOI:
https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.309Kata Kunci:
Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth, Kepercayaan, Sikap Belanja OnlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sikap Belanja Online di Shopee dipengaruhi oleh Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth melalui Kepercayaan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu pelanggan aplikasi shopee. Sampel yang digunakan adalah pelanggan yang pernah memakai aplikasi shopee ketika berbelanja online dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Langkah pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda melalui bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil yang diperoleh Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth terdapat pengaruh positif serta tidak signifikan terhadap kepercayaan, Islamic Branding, dan perceived benefit terdapat pengaruh positif terhadap sikap belanja online. electronic word of mouth terdapat pengaruh positif serta tidak signifikan terhadap sikap belanja online. Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap sikap belanja online. Adanya kepercayaan tidak mampu menjadi mediasi pengaruh Islamic branding, perceived benefit dan electronic word of mouth terhadap sikap belanja online.Referensi
Ali, Y. (2015). Australian Multicultural Consumer Diversity: A Study on Muslim Consumers’ Perception Towards Halal Labelling. 1–7.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Charo, N., Sharma, P., Shaikh, S., Haseeb, A., and Sufya, M. . (2015). Determining the Impact of E-wom on Brand Image and Purchase Intention through Adoption of Online Opinions. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS), 3(1), 2320 – 4044.
Ekawati, R. K. (2017). Peran Mediasi Sikap Atas Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan Instagram. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Komunikasi, 1(1), 1–10.
Engriani, Yunita & Aulia, N. (2019). The Effect of Perceived Benefit, Electronic Word of Mouth and Perceived Web Quality on Online Shopping Attitude in Shopee With Trust as an Intervening Variable. Journal of Business and Management Research, 124(2), 978–987.
Faradilla, R. S. & H. S. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–12.
Gunawan, F. (2011). Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand Switching Atas Produk Smartphone (Blackberry) Pada Mahasiswa UNP. Jurnal Padang.
Indonesia, A. J. P. I. (2018). No.
Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dab E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Dan Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1), 14–22.
Jumin, Lee., D. H. P. & I. H. (2016). The Effect of Negative Online Consumer Reviews on Product Attitude: An Information Processing View. Electronic Commerce Research and Applications., 7(5), 341–352.
Kirana, C. D. & J. M. S. (2017). Pengaruh Kualitas Website, EWOM, Perceived Benefits, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Pada Belanja Online di Lazada.
Madjid Iskandarsyah, Jasman J. Maruf, Mahdani Ibrahim, M. H. (2018). Factors Affecting Online Shopping Attitudes and the Role of Trust as Mediating. International Journal of Management and Economics, 04(9), 1929–1935.
Marchelina, Dwi, dan Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan E- MONEY (Studi Kasus Pada Pengguna E-MONEY Kota Palembang). Jurnal Akuntansi STIE Multi Data Palembang.
Mevionita, P. (2017). Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Belanja Pada Online Shop di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(1), 1111–1130.
Nasution, O. B. (2019). Faktor Penentu Sikap Konsumen Untuk Berbelanja Daring Melalui Marketplace. Manajemen, 9(1), 206–214.
Octavini, N. A. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Pengetahuan Produk Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online di Sociolla Pada Mahasiswi S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Lampung.
Pekerti, R. I. (2016). Pengaruh Perceived Benefits, Perceived Risks, Hedonic Motivations, Psychological Faktors dan Website Design Terhadap Online Buying Behavior. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 18(2), 147–158.
Putri, Sri Rahmi & Rizki, A. (2018). Pengaruh E-WOM Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shope.id. 3(2), 75–84.
Rakhmawati, A. (2015). Efek Terpaan Iklan CRM (Costumer Relationship Management) di Sosial Media, Branding Mazaya sebagai Make up Halal Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen. Ilmiah Mahasiswa Universitas Diponegoro, 1–13.
Samidi, Sudarmawan., Dety Nurfadilah, et. al. (2016). The Impact of Islamic Branding on Cunsumer’s Attitude Towards Soft Drink Product In Malaysia. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), 2(5).
Samuri, V. I.F., Soegoto, A. S., & Woran, D. (2018). Studi Deskriptif Motivasi Belanja Hedonis pada Konsumen Toko Online Shopee. Jurnal EMBA, 2239–2245.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 23–26.
Sukma, A. A. (2012). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Ekonomi Manajemen, 2(1).
Tai, J., & Chew., &. (2012). Brand Management. Indeks.
Triwidyastika, A. (2012). Studi Tentang Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko Terhadap Sikap Pada Belanja Online Dan Implikasinya Pada Minat Belanja Online Di D’Shetwo Boutique. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(1), 51–75.
Witami, Dewa Ayu Dita, dan Suartana, I. W. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Sistem Blockchain. E-Jurnal Akuntansi, 28(2).
Yunus, N. N., Rashid, W. E., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s: Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154.
Zalni, Z. R. & A. (2019). Pengaruh Reputasi, Electronic Word of Mouth dan Web Quality Terhadap Kepercayaan Pelanggan Shopee di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(02), 97–107.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Majemen is licenced under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.