Pengaruh Standarisasi ISO 9001: 2008 dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sumberdaya Dian Mandiri

Penulis

  • Laras Dwi Hartini STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Noor Indah Rahmawati STIE Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v8i1.18

Abstrak

Kurangnya kesadaran karyawan mengenai pentingnya standardisasi ISO terutama ISO 9001:2008 sebagai pendukung kualitas perusahaan, kurangnya efektifitas penerapan standardisasi ISO 9001:2008, kinerjakaryawan tidak maksimal dengan datang tidak sesuai dengan jam kerja sehingga pekerjaan tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan menjadi masalah dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh standardisasi ISO 9001: 2008 terhadap kinerja karyawan, pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan pengaruh standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan secara simultan.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode SPSS versi.17 untuk mengetahui hubungan antar variabel, dengan menggunakan regresi berganda dan analisis korelasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.Penelitian ini menunjukkan pengaruh positif antara standarisasi ISO 9001: 2008 (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan Thitung 3,056 > Ttabel 1,989 dan nilai probabilitas 0,003. Sedangkan untuk variabel (X2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Y) hasil yang diperoleh -1,241 <dari 1.989 dengan nilai probabilitas 0.218 berarti tidak ada pengaruh antara variabel (X2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Y). Untuk hasil hipotesis dengan menggunakan uji f diperoleh hasil bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi secara bersamaan sebesar 10,9%. Pengujian hipotesis menunjukkan pengaruh antara standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan perlu mengadakan pelatihan ISO 9001: 2008 secara merata kepada semua karyawan sehingga pemahaman karyawan lebih luas tentang pentingnyastandardisasi ISO 9001: 2008, penerapan budaya organisasi semakin ditingkatkan untuk benar-benar meresap dan karyawan maumemahami makna dari budaya organisasi itu sendiri.Kata Kunci: Standarisasi ISO 9001: 2008, budaya organisasi, kinerja karyawan.

Referensi

Amrullah, Fikri,2015, Pengaruh Penerapan ISO 9001:2000 Dan Penerapan Audit Mutu Internal Terhadap

Kinerja Organisasi Pada SAMSAT Kota Tangerang, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas

Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Berata, I Komang Oko, 2014, Panduan Praktis HRD & GA, Cetakan Empat, Jakarta: Raih Asa Sukses

Dalimunthe, Asfhar Halim, 2009, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus

Pada Dinas Komunikasi Informasi dan Pengelo- laan Data Elektronik Kota Medan, Skripsi, Fakultas

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Hasib, Hasibuan S.P, Melayu, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Juana Priyantini ad al, Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Mediasi Kepuasan Kerja, Jurnal Buletin Ilmu Ekonomi Vol. 21 No. 1 Februari 2016

KiKiswanto, 2007, Implementasi Manajemen Kualitas dan Pengaruhnya Pada Kinerja Perusahaan Ditinjau Dari Sudut Pandang Total Quality ManajemenStudi Empiris Terhadap Manajer Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah, Tesis, Program Pasca Sarjana Sains Akuntansi, Universitas Diponegoro,

Semarang.

Lestari, Indriana, 2012, Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Sistem Manajemen Mutu ISO

:2008 Terhadap Kinerja Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta, Tesis, Fakultas Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik, Program Pasca Sarjana, Universitas Indonesia, Jakarta

Nasional, Badan Standarisasi, 2014, Pengantar Standarisasi, Edisi Kedua, Jakarta: BSN

Nasution, M. Nur, 2015, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen), Edisi Ketiga, Bogor: Ghalia Indonesia

Nurlaela Wati, Lela, 2011, Modul Praktikum Statistik Terapan SPSS Versi 17, Jakarta

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 102,2000, Standarisasi Nasional

Pratama, Yoga, 2012, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Nanggung Kebupaten Bogor, Skripsi, Program Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia

Purba Debbie Tiur J ad al, Analisis Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 Terhadap Kinerja Karyawan PT. X, e-Journal TeknikInsdustri FT USU Vol. 1 No. 1, Februari 2014.

Rangkuti, Freddy,2013, Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasar- kan ISO 9001, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Edisi Kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sobirin, Achmad, 2009, Budaya Organisasi Pengertian, Makna, Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan

Organisasi, Edisi Kedua, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Sinaga, Prima Nugraha, Pengaruh Budaya Or- ganisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Sumatera Utara, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan

Sudaryono, 2014, Budaya & Perilaku Organisasi, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Supriyadi, Eko, 2012, Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 : 2008 Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Sedayu Bantul, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Suryatama, Erwin, 2014, Aplikasi ISO sebagai Standar Mutu, Cetakan Pertama, Jakarta: Kata Pena

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-01-16

Cara Mengutip

Hartini, L. D., & Rahmawati, N. I. (2020). Pengaruh Standarisasi ISO 9001: 2008 dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sumberdaya Dian Mandiri. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 8(1), 40–54. https://doi.org/10.37932/j.e.v8i1.18