ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS DI ERA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.565Kata Kunci:
analisis faktor, bauran pemasaran, keputusan pembelianAbstrak
Adanya virus covid-19 mengubah segala perilaku kehidupan masyarakat yang ada, serta adanya pesan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan dari rumah (Work From Home) membuat sebagian masyarakat memiliki hobi baru yaitu melakukan kegiatan budidaya tanaman hias untuk menambah kegiatan serta mengurangi stress. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias pada warga di Kota Mojokerto. Populasi dalam riset ini yakni warga Kota Mojokerto pecinta tanaman hias. Riset ini menggunakan teknik analisis faktor dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik penghimpunan data melalui penyebaran angket atau pertanyaan secara offline kepada pengunjung stand tanaman hias dengan total 100 responden. Selanjutnya dilakukan analisis dan melalui proses rotasi faktor dengan SPSS26. Dari 14 variabel akhirnya terbentuk tiga faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias. Faktor pertama adalah Kemampuan Ekonomi, faktor Kepribadian, Faktor Harga. Dari 3 faktor tersebut faktor yang paling dominan ialah faktor Kemampuan Ekonomi dengan nilai of variance sebesar 42,614%. Jadi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan nantinya dapat berguna untuk marketing sehingga dapat mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam melakukan keputusan pembelian terhadap tanaman hias.The existence of the covid-19 virus has changed all the behavior of existing people's lives, as well as a message from the government to carry out activities from home (Work From Home) has made some people have a new hobby, namely cultivating ornamental plants to increase activities and reduce stress. The purpose of this study was to determine what factors influence the decision to purchase ornamental plants for residents in Mojokerto City. The population in this research are residents of Mojokerto City who love ornamental plants. This research uses factor analysis techniques with quantitative research methods. The technique of collecting data is through the distribution of offline questionnaires or questions to visitors to the ornamental plant stand with a total of 100 respondents. Further analysis and through the process of factor rotation with SPSS26. Of the 14 variables finally formed three new factors that influence the purchase decision of ornamental plants. The first factor is Economic Ability, Personality factor, Price Factor. Of these 3 factors, the most dominant factor is the Economic Ability factor with a value of variance of 42.614%. So based on the research that has been done later it can be useful for marketing so that it can find out what factors influence people in making purchasing decisions on ornamental plants.Referensi
Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). CV Penerbit Qiara Media.
Ashari, M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Farmasi Di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi, 1–93.
Asnahwati. (2021). Prospek bisnis tanaman hias di masa pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Alhuda Bussiness Community Pekanbaru). Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 12(3), 307–313.
Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839
Engel, James F, D. (2002). Perilaku Konsumen (Budijanto (ed.); Edisi Keen). Bina Rupa Aksara.
Engel, F. J. R. D. (2010). perilaku konsumen. Bina rupa Aksara.
Fajar, L. (2008). Manajemen PemasaranPendekatan Praktis. Graha Ilmu.
Janitra, I. M. D. P., & Pramudana, K. A. S. (2016). Pengaruh Variabel Demografi Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau Philips LED I Made Diksa Prawira Janitra 1 Fakultas Ekonomi Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Peningkatan masalah lingkungan dan upaya badan pemeri. E-Jurnal Manajemen UNUD, 5(8), 5013–5040.
Kotler, Philip Amstrong, G. (2011). prinsip-prinsip pemasaran. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P. & K. (2008). Manajemen Pemasaran (13th ed.).
Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa ((Edisi 3.)).
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik).
Mariani Shosana Giantara, & Santoso, J. (2014). Pengaruh Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Perilaku Keputusan Pembelian Kue Tradisional Oleh Mahasiswa Di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(1), 111–126.
Medina, S. (2017). Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593, 6(November), 1–18.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325
Nindyawati, V., & Iriani, S. S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4), 1593–1605.
Noviana, A. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Tanaman Hias di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.
Prasetijo, R., dan Lhalauw, J. (2004). Perilaku Konsumen. Penerbit Andi.
Rahman, N. H., & Smampow, H. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Roda Dua Honda. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 4(4), 1–11.
Rivaldi, M. A., & , Aditya Wardhana, SE., M.Si., M. (2020). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU COMPASS DI KOTA BANDUNG. vol 7.
Sakinah, S. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. In Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) (Vol. 1, Issue 4).
Sangadji, E.M., S. (2013). perilaku konsumen pendekatan praktis. penerbit andi.
Sciffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer Behavior (7 Edition). Prentice Hall.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.
Sumarwan Ujang. (2015). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip Penerapan dan Penelitian. CV Andi Offet.
Tompunu, M. M. M. (2014). Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 2303-1174, 2(3), 610–621.
Wulandari, W. (2012). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waserda UKM Mart Koperasi Karyawan Widyagama Malang (Online).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Copyright
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Majemen is licenced under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.