IDENTIFIKASI PERILAKU KOMPLAIN PELANGGAN TERHADAP BARANG E-COMMERCE PADA SICEPAT EKSPRES KOTA KUPANG

Penulis

  • Heskian Tara Banju Universitas Nusa Cendana
  • Ronald P. Constantin Fanggidae Universitas Nusa Cendana
  • Merlyn Kurniawati Universitas Nusa Cendana
  • Christien Corina Foenay Universitas Nusa Cendan

DOI:

https://doi.org/10.37932/je.v14i1.784

Kata Kunci:

perilaku komplain, mechanical, attitudinal, service-related, unusual

Abstrak

Transportasi memegang peranan penting dalam pembangunan dan perkembangan suatu daerah berkaitan dengan mobilisasi pergerakan arus orang dan barang/jasa. Identifikasi Perilaku Komplain Pelanggan Terhadap E-Commerce Pada SiCepat Expres Kota Kupang, bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang menyebabkan timbulnya komplain dari pelanggan pada situs e-commerce dan pada layanan logistic Si Cepat di Kota Kupang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memeberikan informasi kepada perusahaan dalam mengetahui layanan, untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menyusun strategi. Menggunakan penelitian rancangan ex-post fakto, dengan pendekatan penelitian Kualitatif. Ditemukan bahwa terdapat 16 masalah yang terjadi dalam layanan SiCepat Expres yaitu informasi barang kurang detail, barang rusak/cacat, barang tidak sesuai dengan pesanan, TMT, tariff harga tidak sesuai, respon staf lambat, pelayanan staf kurang ramah, keterlambatan kedatangan paket, update pengiriman lambat, return barang, respon lambat, lambat dalam pengiriman, letak kantor, alamat kurang detail, penumpukan paket, dan alamat tidak di temukan oleh maps. Dalam penelitian ini masalah paling banyak adalah indikator Unusual Complaints yang memiliki lima masalah, Service-Related Complaints dan Uttitudinal Complaints masing-masing memiliki 4 masalah, dan Mechanical complaints memiliki 3 masalah. Yang sering terjadi atau masalah paling urgen berdasarkan hasil penelitian masalah TMT, lambatnya pengiriman, dan masalah akan barang rusak/cacat.

Biografi Penulis

Heskian Tara Banju, Universitas Nusa Cendana

Manajemen Pemasaran

Ronald P. Constantin Fanggidae, Universitas Nusa Cendana

Manajemen Pemasaran

Merlyn Kurniawati, Universitas Nusa Cendana

Manajemen Pemasaran

Christien Corina Foenay, Universitas Nusa Cendan

Manajemen Keuangan

Referensi

Ahmadi, & Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi Ofset.

Aisyiyah, N., & Krisnatuti, D. (2019). Analisis perilaku komplain konsumen online shopping. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(3), 248–259.

Al Arif, M.N. (2012). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Andreas. C. (2017). Strategi Pemasaran Dengan Mengurangi Komplain Konsumen Pada Ukm Skd.Yogyakarta.

Aprianto, Naerul Edwin Kiky,(2021) Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis, AIN Purwokerto, Indonesia

Assa. (2016). Perkembangan Perusahaan Logistik di Tahun 2016 yang Semakin Menanjak. Http://Assarent.Co.Id/Perkembangan-Perusahaan-Logistikdi-Tahun-2016-Yang-Semakin-Menanjak.

Bessie, J. L. (2019). Implementasi E-Commerce dalam Industri Pariwisata. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 8(1), 45–62.

Crie, D. (2003). Taxonomy, typology and determinants: Towards a unified ontology. Database Marketing & Customer Strategy Management, 11(1), 60–79.

Daily socialid. (2016). Laporan customer satisfaction in indonesia’s e-commerce service tahun 2016, Diakses 2 Juli 2018. Tersedia pada http://www.dailysocial.id

Dalimunthe, A.A.P.S.R.K.T.K.(2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Dengan Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Belanja Online Lazada Di Kota Medan). Accumulated Journal, 3(1),1–14.e are no sources in the current document

Dantes, N. 2012. Alat Kemampuan Penilaian Guru (APKG). Singaraja: Undiksha.

Dictionary, O. L. P. (2005). Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York, University Press. 4th Ed.

Emzir. (2017). Daftar Pustaka Daftar Pustaka. Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran, 7(1), 37–38.

Engel, F. James, Blackwell D. Roger, dan Miniard W. Paul. 2010. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Budiyanto. Binarupa Aksara, Jilid 1, Jakarta.

Fadhila, E. A., Wadud, M., & Roswaty, R. (2021). The Effect of Service Recovery on Customer Satisfaction in J&T Express Goods Delivery Services in Palembang. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 2(1), 43-57.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media, 25.

Fandy, T. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima (2nd ed.). Andi. Yogyakarta.

JonyWong, 2010, Internet Marketing for Beginners, Elex Media Komputindo, Jakarta

Kardian (2011). Tipe Aplikasi e-Commerce. (online). http://tipe aplikasi e-

commerce.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller, (2012), manajemen pemasaran. edisi bahasa Indonesia. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta. Erlangga

Larasati Widya (2016). Penanganan Pengaduan Masyarakat Sebagai Pendukung Iklim Organisasi, Jurnal komunikasi, Vol.10, N0.01, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Lovelock, & Christoper. (2012). Pemasaran Jasa Manusia; Teknologi; Strategi (7th ed.).

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran. salemba empat Lupiyoadi, R. (2013).

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Ke-3). Salemba Empat.

Moleong, Lexy.2010. Metode Peelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Naerul Edwin Kiky. "Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis." International Journal Administration Business & Organization 2.1 (2021): 8-15.

Nugroho, L. K. S. T. A. B. Y. (2021). Pengaruh Strategi Service Center Dalam Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Tamu Pada Resinda Hotel Karawang. Jurnal Pariwisata Indonesia, 17(1), 11–20. https://doi.org/10.53691/jpi.v17i1.135

Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129.

Puddin, K., Lubis, S., & Kholis, A. (2020). Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM. Medan. Economic & Business Publishing

Putri, R. O., & Wibawa, B. M. (2017). Identifikasi Permasalahan Komplain pada E-Commerce Menggunakan Metode Fishbone. Sains Dan Seni ITS, 6(1), D37–D41.

Rosmita, D.S.E.N. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5),501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228

Rusiadi et al. (2013). Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Press.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah .2013. Perilaku Konsumen: Yogyakarta: Andi

Offset

Sanjayawati, H. (2019). Perilaku Komplain, Penanganan Komplain dan Atribut Harga Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(2).

Santoso, A. C. (2017). Strategi Pemasaran Dengan Mengurangi Komplain Konsumen Pada Ukm Skd

SANTOSO, A. C. (2017). BAURAN PEMASARAN UNTUK MENGURANGI KOMPLAIN DI USAHA JASA TRANSPORTASI (Doctoral dissertation, UAJY).

Sari, L. L. A. N. (2020). Pengaruh Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Tertanggung Pada PT. Asuransi Multi Artha Guna, Tbk Surabaya. Jiabi, 4(2), 107–124.

Setiadi J. Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Cv

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. CAPS: Yogyakarta

Tjiptono Fandy Dan Gregorius Candra. 2016. Service, Quality, Dan Satisfaction, Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (1st ed.). A. Diana. CV. Andi Offset.

Triandini, & Atmojo. (2016). Pengembangan model E-Commerce Untuk Peningkatan Kinerja UKM Kota Denpasar. Eksplora Informatika, 3(2).

Turban, Efraim et al. 2015. Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective Eighth Edition. Switzerland: Springer.

Vadreas, A. K. (2016). Aplikasi E-Commerce Dengan Metode Fishbone Analysis Pada Usaha Dagang Hasil Laut di Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Momentum ISSN 1693-752X, 18(2)

Wibawa, B. M., Octovianisa, R., Miyagi, R. A., & Mardhotillah, R. R. (2019). Pengaruh Perilaku Komplain dan Kepuasan Penanganan Komplain Terhadap Minat Pembelian Konsumen di E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan (J-TIT), 6(2), 41-49.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.

WTO. (2013). E-commerce in developing countries: Opportunities and challenges for small and medium-sized enterprises. Diperoleh tanggal 5 Februari 2016, dari https://ww.wto.org/english/res_e/booksp_e/ecom_brochure_e.pdf

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-12

Cara Mengutip

Banju, H. T., Fanggidae, R. P. C., Kurniawati, M., & Foenay, C. C. (2024). IDENTIFIKASI PERILAKU KOMPLAIN PELANGGAN TERHADAP BARANG E-COMMERCE PADA SICEPAT EKSPRES KOTA KUPANG. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.37932/je.v14i1.784