KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMEDIASI GREEN PROMOTION DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Penulis

  • Dian Palupi STIESIA Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.81

Kata Kunci:

green promotion, green price, kepuasan konsumen, keputusan pembelian

Abstrak

Abstrak                                                              Penelitian ini bertujuan untuk menguji promosi ramah lingkungan (green promotion) dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen serta meneliti keputusan pembelian sebagai variabel yang memediasi promosi dan harga produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah total 135 orang mahasiswa. Sampel diambil dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa green promotion yang berwawasan lingkungan memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Harga premium berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk ramah lingkungan. Keputusan pembelian terbukti sebagai variabel yang memediasi pengaruh promosi dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan pembelianKata kunci : green promotion, green price, kepuasan konsumen, keputusan pembelian  AbstractThis study aims to examine the promotion of environmentally friendly (green promotion) and the price of environmentally friendly products on consumer satisfaction and examine purchasing decisions as a variable that mediates promotions and prices of environmentally friendly products on consumer satisfaction. The sample of this study totaled 135 students. Samples were taken by accidental sampling method. The results of this study indicate that green environmental promotion has a direct influence on purchasing decisions. Premium prices have a positive effect on purchasing decisions. Purchasing decisions have a significant influence on customer satisfaction on environmentally friendly products. Purchasing decisions are proven as variables that mediate the influence of promotions and prices of environmentally friendly products on purchase satisfactionKeywords : : green promotion, green price, customer satisfaction, buying decision 

Biografi Penulis

Dian Palupi, STIESIA Surabaya

Prodi S1 Manajemen

Referensi

REFERENSI

Abzari, M., Shad, S.F, A.A.A, Sharbiyani dan A.P. Morad. (2013). Studying the effect of green marketing mix on market share increase, European Online Journal of Natural and Social Sciences, vol. 2, no.3

Affandy, S. Konsumen Hijau: Ideologi dan Gerakan Konsumen Peduli Lingkungan, diunduh tanggal 15 November 2017/ www. bpkn.go.id,

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Anonim. www.hijauku.com, 13 July 2011

Bukhari. (2011). Green Marketing and Its Impact on Consumer Behavior. European Journal of Business and Management, Vol 3, No.4

Cruz, M.U.A dan B. Prabawani. (2017). Konsumen Ramah Lingkungan : Perilaku Konsumsi Hijau Civitas Academika Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 6 no. 4. 2017, Pp. 40-50

Gozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi kelima, Semarang, Undip Press

Fonseca, J.C.G. (2015). The Impact of Green Marketing Practices on Consumer Buying Decision, Master Dissertation in Business Administration, University Institute of Lisbon.

Hiqmah, F. (2017). Observasi Tren Perilaku Pembelian Hijau Konsumen Indonesia di Berbagai Industri, Journal of Business and Banking, vol. 6 no. 1, pp. 27-44

Hashem and Al Rifai. (2011). The influence of applying green marketing mix by chemical industries companies in three Arab States in West Asia on consumer's mental image, International Journal of Business and Social Science, Vol. 2 No. 3

Isliko, Thom W.A & Mintarti Rahayu. (2010). Mediasi Keputusan Pembelian pada Pengaruh Situasional dan Faktor Produk terhadap Kepuasan Konsumen Supermarket di Kota Kupang. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol.8No.2, Mei 2010, 480-492

Istijanto. (2008). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Junior, B.A. (2012). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Terhadap Konsumen Green Product Pada Komunitas Green Di Kota Bandung). www.repository.upi.edu

Kotler P. dan K.L, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Terjemahan. Jakarta: Pernerbit Erlangga.

Novel, B.. (2015). Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Luwak di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nugraha, A.P. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Hijau di Televisi dan Pengetahuan tentang Manfaat Air Putih terhadap Minat Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Ades pada Komunitas Atlet di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro

Nursanty, T.D, dan Melisa. (2011). Analisis Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keterlibatan Konsumen dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Konsumen Laksmie Florist. Binus Business Review, Vol. 2 No. 2

Panjaitan, F.L.M. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen,(Studi Cluster Whelford di Bumi Serpong Damai). Skripsi. Universitas Indonesia

Siswanto, D.E. (2012) . Pengaruh Persepsi Konsumen pada Strategi Green Marketing Terhadap Sikap Konsumen pada Green Product. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setiyaningrum, Ari, Udaya, Jusuf dan Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran , Plus Tren Terkini. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Savitri, M.H, Suhariyono, Andriani Kusumawati, (2016). Pengaruh Kualitas Produk Hijau dan Harga Premium Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Tupperware di Distributor Resmi PT Adicitra Prima Kencana Savitri, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 40 No. 2 November 2016

Shaik, Shahazadi Begum, (2016). Handbook of Research on Green Economic Development Initiatives and Strategies. IGI Global: United States

Solaiman, Mohammad, Osman, Abdullah dan Mohd Suberi Bin Ab. Halim, Green Marketing: A Marketing Mix Point of View. (2015) International Journal of Business and Technopreneurship, vol.1, no.15

Sumarsono, H.M. Sonny. (2004). Metode Riset Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jogjakarta: Graha Ilmu

Widodo, A., Nurafni R dah T. Nandary. (2015). Factors Influencing Green Purchasing Behavior (Study on University Student in Bandung). GTAR Full Paper Proceeding, Vol. 2, 303-313

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-04-15

Cara Mengutip

Palupi, D. (2020). KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMEDIASI GREEN PROMOTION DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.81