PERAN COREPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN NILAI PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.37932/ja.v10i1.236Keywords:
Struktur Kepemilikan, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Asing, Pengungkapan CSR, Nilai Perusahaan.Abstract
AbstractThe research aims to examine the effect of institutional ownership, managerial ownership and foreign ownership on firm value with corporate social responbility disclosure as an mediating variable. The population of this research is the textile and garment sectors companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015 until 2019. The sampling technique using purposive sampling method with total sample 50 of 10 companies. Further this study uses data analysys through multiple linear regressions with two steps using by SPSS version 16. The result showed that ownership structure has an effect on the CSR disclosure simultaneously, other result show that ownership structure has no effect on CSR disclosure partially. The result also shows that ownership structure and CSR disclosure have affect on firm value simultaneously. Than while partially institutional ownership and foreign ownership have negative impact on firm value. Meanwhile managerial ownership and CSR disclosure has no effect on firm value, and CSR disclosure is not an mediating of structure ownership on firm value. Keywords: Structure Ownership, Institusional Ownership, Managerial Ownership, Foreign Ownership, CSR Disclosure, Firm Value. AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kepemilikan asing terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 sampai 2019. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 50 dari 10 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan struktur kepemilikan memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR, hasil penelitian lain menunjukkan secara partial struktur kepemilikan tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa struktur kepemilikan dan pengungkapan CSR secara simultan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Kemudian yang secara parsial kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sementara kepemilikan manajerial dan pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan pengungkapan CSR bukan sebagai mediating dari stuktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Struktur Kepemilikan, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Asing, Pengungkapan CSR, Nilai Perusahaan.References
Astuti et al, (2018). Analysis Effect on Firm Size, Institusional Ownership, Profitability, And Leverage on Firm Value with CSR Disclosure as mediatings Variables. Jurnal Bisnis Strategi, Vol.2, No.2 : 95-109.
Baron dan Kenny, (1986). The Moderators-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research, Journal of Penality and Social Psychology, Vol. 51, No. 6 : 1173-1182.
Dewi, Kadek Ria Citra dan I Gede Sanica. 2017. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia” ISSN: 2528- 1216. Economics 3. Hal 305-360
Edison, A. (2017). Struktur Kepemilikan Asing, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial Pengaruhnya terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Pada Perusahaan Sektor Utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11 (2), 164-175.
Eriandani. (2013). Pengaruh Institusional Ownership, dan Managerial Ownership Terhadap Pengungkapan CSR. Simposium Nasional Akuntansi XVI Manado.
Hartana, I. B. P. R., & Putra, N. W. A. (2017). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(3), 1903–1932.
Herlina & Diputra. (2018). Implementasi Rumus Sobel pada Web dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variabel mediating. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi. Vol.1, No.1.
Karima, Naila. 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Linda.S.W & Nyoman. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, Vol.8, No.10.
Negara, I., K. (2019). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Magister Manajemen UNRAM, Vol. 8, (No.1) : 46.
Pradana, F. A., & Suzan, L. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. E-Proceeding of Management, 3(1), 339–347.
Purbopangestu & Subowo, (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR Sebagai Variabel mediating. Accounting Analysis Journal, Vol.3 ,No. 3.
Purwanto dan Sulistyastuti, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media.
Rachman, Nurdizal M, dkk. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: Penebar Swadaya.
Rahmah. Dita. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 5, No.2.
Santi et al (2017). Influence of Managerial Ownership and Foreign Ownership ON Firm Value Study in Companies.
Siregar & Pambudi (2017). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur.
Sissandhy dan Sudarno, (2014). Pengaruh Kepemilikan Asing Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel mediating, Diponegoro Journal of Accounting, Vol.3, No.2 :1-7.
Spence, Michael. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 3(87) 355-374.
Sukirni Dwi (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal. 1 (2).
Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007, Pasal 74 Tentang Perseroan Terbatas
Wardani, Chandrarin, Rahman. (2017) Pengaruh Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. jurnal ilmiah ilmu akuntansi dan pajak. Vol 1 No 2.
Widianingsih dewi. (2018) “Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol”. Jurnal akuntansi dan pajak. Vol. 19 No 1, 38-52 STEKOM Indonesia
Widiastuti,Utami, Handoko (2018). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3(2), 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
License Terms