FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UMKM MENGIKUTI RELAKSASI PAJAK DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37932/ja.v10i1.243Keywords:
prosedur, pelayanan, pengetahuan, program relaksasi pajakAbstract
Riset ini bertujuan untuk menguji aspek-aspek yang mempengaruhi keputusan wajib pajak UMKM dalam mengambil program relaksasi pajak. Variabel riset terdiri dari variabel prosedur, pelayanan, dan pengetahuan sebagai variabel bebas. Kemudian keputusan wajib pajak UMKM mengikuti program relaksasi pajak sebagai variabel dependen. Teknik deskriptif digunakan dalam riset ini. Bentuk pendekatan yang dipergunakan ialah pendekatan kuantitatif & kualitatif. Populasi dalam riset ini adalah pengusaha wajib pajak UMKM sebanyak 35 responden. Objek Penelitian ini tersebar di wilayah kota Bekasi, Blora, Boyolali, Ciamis, Getasan, Jakarta, Jepara, Salatiga, Kendal, Kudus, Lampung, Malang, Medan, Semarang, Wonogiri, dan Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan ialah metoda purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan riset ini adalah analisis regresi linear berganda dibantu dengan SPSS for window 23 sebagai alat analisis. Kesimpulan dalam riset membuktikan secara bersamaan variabel prosedur, pelayanan, dan pengetahuan berdampak terhadap keputusan wajib pajak UMKM mengikuti program relaksasi pajak UMKM mengikuti program relaksasi pajak. Sedangkan variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan wajib pajak UMKM mengikuti program relaksasi pajak.References
Efriyenty, DiangthdangthViolagthSyukrinagthEgthJanrosl. 2017.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Kredit Oleh Pelaku Usaha Kecil Menengah pada Debitur Bank Perkreditan Rakyat Kota Batam.
Ghozali,.Imam. 2011.gthAplikasi-Analisis-Multivariate-Dengan-Program-IBM-SPSS-19-EDISI-5.gthSemarang:gthBadan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam.gth2011.gthAplikasigthAnalisisgthMultivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Indonesia (2008).
Undang-UndanggthNomorgth20gthTahungth2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Indonesia (2020).
PeraturangthMenterigthKeuangangthNomorgth44/PMK.03/2020gthTentang insentif Pajak untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Corona Virus Disease 2019. Jakarta:
Menteri Keuangan.K.Lely, NiAryanigthMerkusiwati,gthIgthGustigthAyugthEkagthDamayanthi.g th2018. Faktor-Faktor Yang MempengaruhigthKemauangthWajib Pajak Mengikuti Tax Amnesty di KPP Pratama Kota Denpasar. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi. Volume 11 (1), 2018: 1 – 22.
Kotler,P. (2002).
ManajemengthPemasarangthEdisigthMillenium,gthCetakangthKedua. Jakarta: PT Prenhallindo.
Lubis, R dan Mahalli,gthL,gth2014.gthAnalisisgthFaktor-faktorgthyanggthMempengaruhigthPengusaha UMK untukgthMenggunakangthJasa Pembiayaan Modal Kerja pada Bank Syariah di kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2(2).
Manuarang dan Mawardi,gth2018.gthgthPengaruhgthProductgthKnowledge terhadap Purchased Intention. Jurnal Administrasi Bisnis, 55 (3)
Mowen, J.C., dangthMinor,gthM.S.gth(1998). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York : Mc Graw-Hill Companies.
Mulyadi. (2003). Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.
Othman, A. AndgthL.gthOwen,gth2001.gthAdoptinggthAndgthMeasuring Customer Service Quality SQ In Islamic Banks:gthAgthCasegthStudygthIngthKuwait Finance House. International Journal Of Islamic Financial Services, 3(1): 100 -126.
Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. (2010). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuliawan, eko, 2011.gthPengaruhgthPengetahuangthKonsumengthMengenai Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 1(1).
Bisnistempo.com
Covid19.go.id
Kemenkeu.go.idgth
Merdeka.com
Patrolipost.com
www.depkop.go.id
www.kemenkopukm.go.idgth
Downloads
Published
Issue
Section
License
License Terms