PENINGKATAN PENDAPATAN DENGAN METODE PENJUALAN E-COMMERCE DAN TRADIOSIONAL PADA PT BATIK SIDA MUKTI

Penulis

  • Pandaya Pandaya STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Suyatmi Suyatmi STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Imam Suprapta STIE Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37932/ja.v10i2.431

Kata Kunci:

Penjualan E-commerce, Penjualan Konvensional, Peningkatan pendapatan

Abstrak

Metode penjualan konvesional mulai kehilanggan pembeli akibat dampak dari Covid-19, sementara metode penjualan e-commerce belum efektif karena masih terbatasnya kemampuan SDM pada PT Batik Sida Mukti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bukti empiris pengaruh metode penjualan e-commerce, metode penjualan konvensional terhadap peningkatan pendapatan pada PT Batik Sida Mukti.Sampel penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan variabel independen metode penjualan e-commerce dan penjualan konvensional, sementara variabel dependen yang digunakan adalah peningkatan pendapatan.Hasil penelitian menunjukan pengaruh positif dan signifikan antara metode penjualan e-commerce dan metode penjualan konvensional terhadap peningkatan pendapatan. Serta keduanya juga berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan pendapatan pada PT Batik Sida Mukti. Dari hasil yang didapat kedua variabel memberikan pengaruh terhadap peningkatan pendapatan. Oleh karena itu PT Batik Sida Mukti harus meningkatkan dan memperluas jaringan e-commerce-nya. Serta memberikan pelatihan kepada karyawanya agar lebih kompeten menghadapi era serba digital.

Referensi

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Agus, Hermawan. (2017). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Alex S, Nitisemito. (2014). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Alma H. Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anastasia Diana dan Lilis Setiawati. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah. Yogyakarta: Andi Offset

Basu Swastha Dharmmesta. (2015). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Dwi Martani, dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Menegah Berbasis PSAK Buku 1 (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Greuning, Hennie Van. et al. (2013). International financial reporting Standards : Sebuah Panduan Praktis. Jakarta: Salemba Empat.

Hans Kartikahadi, dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Hery. (2011). Teori Akuntansi (Cetakan 2). Jakarta: Kencana.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. PSAK No.23: Pendapatan. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2019). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta.

Indrawan, Rully. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Surabaya: Refika Aditama.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing (Edisi 15). Global Edition. Pearson.

Lam, Nelson dan Peter Lau. (2014). Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Commerse 2016 Business, Tecnology, Sociey (12th ed.). England: Britis Library Cataloguint-in.

Mulyadi. (2013). Sistem Akuntansi (Edisi Ketiga), Cetakan Keempat Jakarta: Salemba Empat.

Puspitawati, Lilis dan Sri DewiAnggadini. (2014). Sistem Informasi Akuntansi (Edisi Pertama). Cetakan Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pratama, I Putu Agus Eka. (2015). E-Commerce, E-Business Dan Mobile Commerce Berbasiskan Open Source. Bandung: Informatika.

Samryn, L. M. (2014). Pengantar Akuntansi (Edisi IFRS). Jakarta: Rajawali Pers.

Sodikin dan Riyono. (2014). Akuntansi Pengantar 1. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Sondy Damanik. (2014). Pengertian dan Definisi Penjualan Menurut Para Ahli. http://sondis.blogspot.com/2014/02/pengertian-dan-definisi-penjualan, diakses 12 Juni 2014.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Turban, Efraim. et. al. (2015). Electronic commerce a Managerial and Social Networks Perspective (8th ed). Springer.

Winardi. (2016). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-02