PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP KINERJA KEUANGAN PT. ASAHIMAS FLAT GLASS TBK

Penulis

  • Sinta Ayu Kelana STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Ramdany Ramdany STIE Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37932/ja.v8i1.61

Kata Kunci:

CSR disclosure level, ROA

Abstrak

CSR disclosure is one of the efforts made by the company to build trust in stakeholders so that investors are interested in investing their capital in the company. The purpose of this study is to analyze the disclosure of social and environmental responsibility that will be tested whether there is an influence on the company's financial performance. The financial performance of the company in this study is proxied by the variable ROA.  In this study, the type of data used is secondary data taken from annual financial reports that have been published on the Indonesia Stock Exchange. This study uses a data sample of 6 years from 2011 to 2016.  The results of this study indicate that the level of social and environmental responsibility disclosure affects ROA.

Referensi

Adityo, 2012, Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Beta, Firm, Size, dan Boook Market Ratio tehadap Return Saham (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010 – 2011)”, Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNDIP.

Anggraini, Retno, 2006, Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-perusahaan yang terdaftar BEJ).Simposium Nasional IX Padang.

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston, 2006, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, terjemahan Ali Akbar Yulianto dari Fundamental of Management 2004, Jakarta : Salemba Empat.

Cahya, 2010, Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada Bank di Indonesia periode tahun 2007-2008), Skripsi, Semarang : Universitas Diponegoro.

Dewanggono H.K., Ratih, 2011, “Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Laporan Tahunan terhadap Harga Saham”. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNNES.

Ghozali Imam, 2011, Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro.

GRI, 2012, Suistainability Reporting Guidelines G3, https://www.globalreporting.org/, pada tanggal 29 September 2009.

Hadi, Noor, 2011, Corporate Social Responsibility, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva Press.

Indrawan, Danu Candra, 2011, Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNDIP.

Irham Fahmi, 2014, Analisis Kinerja Keuangan, Bandung : Alfabeta Cv.

Kusumadilaga, Rimba, 2010, Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI), Semarang : Universitas Diponegoro.

Mardikanto, Prof. Dr. Ir. Totok, M.S, 2014, Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Korporasi), Bandung Alfabeta Cv.

Probo, Endro, 2009, Peran CSR dalam Perusahaan. Dari http://antrounair.wordpress.com/2008/08/19/peran-csr-dalam-perusahaan/Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 tahun 2009 tentang Penyajian Laporan Keuangan.

Purba, Marisi. P, 2007, Aspek Akuntansi Undang-Undang Perseroan Terbatas, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Putra, Rianto Adi, 2013, Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadapNilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Bisnis :Universitas Kristen Duta Wacana.

Putri, Okta Prastika Utomo, 2014, “Peran Profitabilitas sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI).Jurnal. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro

Rangkuti, Freddy. 2005. The Power of Brand’s. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Sugiyono, 2007,Metode Penelitian Bisnis, Bandung: CV Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Jakarta.

Wati, L.N. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan GRI 3. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 2. Pp 240-252.

Yusuf Wibisono, 2007, Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), PT Gramedia, Jakarta

Yuniarti, Eti, 2007, Analisis Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial pada Sektor Perbankan di Indonesia, Semarang : Universitas Diponegoro.

Yuniasih, Ni Wayan, dan Made Gede Wirakusuma, 2007, “Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi,” Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-05

Terbitan

Bagian

Articles